Sabtu, 27 Desember 2014

Prazikuantel

NAMA GENERIK
Prazikuantel
NAMA KIMIA
Prazicuantel; Praziquantelum. 2-cycloheksilcarbonyl-1,2,3,6,7,11b-hexsahidropyrazino(2,1-a)isokuinolin-4-one. (1)
STRUKTUR KIMIA
C19H24N2O2.
KETERANGAN
Tidak ada data
SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk kristal putih atau hampir putih. Merupakan polimorfisa. Sangat sukar larut dalam air, mudah larut dalam alkohol dan kloroform. (1)
SUB KELAS TERAPI
Antelmintik
KELAS TERAPI
Antiinfeksi
DOSIS PEMBERIAN OBAT
Anak > 4tahun dan dewasa : oral : schistosomiasis : 20 mg/kg/dosis 2-3 kali/hari untuk 1 hari pada interval 4-6 jam. clonorchiasis dan opisthorchiasis : 3 dosis 25 mg/kg untuk pengobatan 1 hari.(2)
FARMAKOLOGI
Absopsi : oral : 80 %, Distribusi : konsentrasi CSF 14-20% dari konsentrasi plasma, dapat masuk ke air susu ibu, ikatan protein 80% metabolisme mengalami first-pass-effect, waktu mencapai puncak 1-3jam, Eksresi melalui urin ( 99% sebagai metabolit).(2)
STABILITAS PENYIMPANAN
Tablet prazikuantel harus disimpan pada kemasan kedap udara pada suhu < 30�C.(3)
KONTRA INDIKASI
Hipersensitif terhadap prazikuantel atau komponen lain dalam sediaan; ocular cysticercosis.(2)
EFEK SAMPING
Rasa malas, lemah, sakit kepala, nyeri pada perut, hilang nafsu makan, mual dan muntah.(2) Peningkatan serum SGOT dan atau SGPT, urtikaria, ruam, pruritus, sakit pinggang, myalgia atau arthralgia, sensasi panas atau demam, berkeringat, palpitasi, aritmia, hipotensi.(3)
INTERAKSI MAKANAN
Jus jeruk akan meningkatkan AUC(1,9x) prazikuantel dan konsentrasi (1,6x) plasma puncak.(3)
INTERAKSI OBAT
Penggunaan bersama prazikuantel dengan karbamazepin, deksametason, fenitoin, fenobarbital akan menurunkan konsentrasi plasma prazikuantel. Penggunaan bersama klorokuin dan prazikuantel akan menurunkan konsentrasi prazikuantel.(3)
PENGARUH ANAK
Keamaanan penggunaan prazikuantel pada anak < 4 Tahun belum diketahui.(3)
PENGARUH HASIL LAB
Tidak ada data
PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko B.(2)
PENGARUH MENYUSUI
Prazikuantel didistribusikan ke air susu, ibu menyusui harus berhenti menyusui pada hari terapi prazikuantel dan selama 72 jam setelah penggunaan dosis terakhir prazikuantel.(3)
PARAMETER MONITORING
Tidak ada data
BENTUK SEDIAAN
Tablet.
PERINGATAN
Gunakan dengan perhatian pada pasien yang mempunyai penyakit hati parah, penyakit serebral cysticercosis yang memerlukan rawat nginap.(2)

MEKANISME AKSI
Meningkatkan permeabilitas sel terhadap kalsium pada schistosoma menyebabkan kontraksi kuat dan paralisis pada cacing.(2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar