Rabu, 24 Desember 2014

Infeksi Mata (TRAKHOMA)

Penyakit ini adalah penyakit selaput mata yang cukup lama. Selaput mata yang sakit adalah selaput lendir dan selaput kelopak mata sebelah dalam. Penyebabnya adalah virus yang banyak terdapat disekeiling kita. Trakhoma ada jenis penyakit yang mudah menular. Penularannya memlalui persinggungan langsung dengan sipenderita.
  • Daun orang-aring 1/2 genggam. Dicuci, kemudian digiling halus. Bubuhi air masak 2 sdm lalu peras da saring. Gunakanlah air hasil perasan ini menetesi mata yang sakit 3 – 6 x sehari 3 tetes.
  • Daun sirih 6 lembar, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan air bersih 2 gelas sampai mendidih. Sesudah itu disaring dan gunakanlah merambang mata yang sakit 3 – 6 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Daun lidah buaya 1 batang, dibuang durinya dan diparut. Peras dan saring lalu gunakan menetesi mata yang sakit 3 – 6 x sehari 3 tetes.
  • Daun bandotan 50 lembar, daun sembukan 50 lembar, daun maja 15 lembar, bunga serunai 3 kuntum, gula enau 3 jari. Semua bahan ini dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebuslah dengan air bersih 3 gelas dan biarkan sampai mendidih. Sesudah dingin, disaring lalu diminum 3 x sehari 1 gelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar